TENTANG KITA, JARAK & WAKTU




 Akhir Februari 2018, adalah pertemuan kedua kami. Pertemuan yang tidak aku inginkan sebenarnya *haha

   Kenapa ku sebut “pertemuan yang tidak ku inginkan?” Karena aku sudah lelah untuk melewati proses ini, sudah ada beberapa orang yang datang dengan maksud yang sama. Bertemu lalu berkenalan lalu bertukar nomor Whatsapp dan akhirnya menjalani sebuah hubungan yang penuh dengan keterpaksaan dan kepalsuan. Dan ujung-ujungnya mereka lelah dan pergi karena mereka sadar aku tidak pernah serius untuk menjalani sebuah hubungan yang bisa disebut “perjodohan” itu. *masa iya anak milenial mau-maunya dijodohkan 😅

   Kadang setiap kali aku bangun dari tidur, aku selalu melamun. Melamun menatap atap, melamunkan tentang hidup. Kadang mikir “aku gak cantik, gak pinter, gak bisa masak, gak bisa apa-apa, kerja aja belum kok ya bisa-bisanya nolak cowok yang jelas-jelas udah mapan ”. Aku sih gak munafik masa iya gak mau punya calon suami yang mapan? Tapi ya itu kalau suatu hubungan yang hanya didasari dengan rasa tidak nyaman dan tidak saling sayang ya buat apaaaa??! Yang mau menjalani hidupkan aku! Kok kalian yang repot 🤪.

  Well, balik lagi nih ke kisah akhir Februari 2018 *WKWKWK...

Pada waktu itu sebelum malam menjelang, tiba-tiba disuruh suruh mandi katanya nanti malam ada yang mau ke rumah. Awalnya aku menolak dan dengan santai aku jawab “yasudah kalo memang niatnya mau serius dia harus terima aku apa adanyalah” *maklum genks, ku tipe cewek yang males buat mandi haha.
Teruuus abis magriban aku leye-leye maen hp di kamar dan lagi uring-uringan karena lagi galaaau berat. Tiba-tiba gak lama dipanggil kalo si cowok udah datang dan lagi nunggu di ruang tamu. Dan aku gak mengghiraukan. Sekitar 10 menitan barulah aku keluar tanpa ngalis tanpa pakek liptint cuma bedakkan pakek bedak bayi itupun dipaksa.

   Ketika nyampe ruang tamuuuu, tadaaaaaaaaaaa kayak ada petir di malam yang sunyi. Dalem hati ngomong sendiri “kayak pernah liat nih orang, tapi dimanaa?”  aku langsung balik kebelakang nanya sama orang dirumah dia itu siapa. Setelah ingat aku balik kedepan sambil senyum-senyum gak enak gitu. Jadi gini, aku dan dia ini pertama kali kenal dan bertemu itu di bulan Agustus 2016, saat itu kami diminta buat jadi pendamping pengantin diacara nikahan sepupunya.Setelah selesai acara itu kami bener-bener gak ada kontak sama sekali. Gak nyangka aja setelah dua tahun berlalu tiba-tiba nih anak datang kerumah dengan sendirinya tanpa basa-basi terlebih dahulu.

   Untung dia ini tipe cowok yang banyak omong walau yang diomongin sebenernya garing. Dengan hati yang terpaksa aku stay diruang tamu sama cowok yang becandaanya garing. Ya ku pura-pura aja ketawa haha hihi biar disangka aku welcome ke dia. Singkat cerita malam itupun berakhir, seperti biasa sebelum berakhir ada tradisi dan ritual kuno yang harus dijalani yakni saling tukar nomor Whatsapppp.

   Terus besoknya atau kapan lupa tiba-tiba hp bunyi, ada pesan dari whatsapp yang isinya dia mau pamit pulang ke luar kota untuk kerja. You know lah yaaa gimana sweet nya masa-masa penjajakan (PDKT). Masa dimana dua orang yang memakai topeng dan melakukan hal-hal yang fake  atau palsu menurutku. Karena gini aku tuh tipe cewek yang gak gampang untuk memulai lagi suatu hubungan. Apa lagi dengan orang yang baru, kan males musti mulai lagi from zero.

   Hari berganti minggu, minggu berganti bulan.. dan si cowok tetep stay dalam masa penjajakan. Padahal aku sering gak peduli, sengaja dilama-lamain balas chat whatsapp dari dia, aku cuekin, dan aku gak pernah sekalipun buat ngchat dia duluan. Kalo dia gak ngchat duluan yaudah kami gak ada komunikasi sama sekali, dan ujung-ujungnya dia yang selalu ngalah. Dan setelah pertemuan dimalam itu sekitar satu bulanan, dia ngabarin kalo mau balik lagi ke palembang dan mau ngajakin ketemuan (lupa kapan tepatnya). Dia mau ngajakin makan diluar, seperti biasa karena udah kebiasaan  selalu gak enakan sama orang dengan terpaksa aku iyain aja ajakannya *padahal malasnya minta ampun. Waktu sore dia jemput aku di rumah dan langsung ngajakin makan diluar. Dan abis makan dengan santainya dia ngerokok didepan aku *waah gak tau dia kalo aku anti sama orang yang perokok.  aku itu gak sudi bergaul dengan penikmat rokok. Berhubung masiih masa penjajakan kan yaaa aku tetep pasang gaya stay cool gitu pura-pura menikmati suasana yang ada, padahal aku udah ngerasa muaak lama-lama jalan sama dia.


Juni 2018


   Beberapa bulan berlalu, saat bulan ramadhan tiba. Dia ngajakin buat semacam ritual adat yang hanya ada dibulan puasa. Syook?? Jelaaslah! Gimana gak syok coba status hubungan aja gak jelass masa mau ngejalani ritual adat itu. Tapi yasudah demi penciitraan dan perasaan orang-orang sekitar aku jalaanin.  
   Setelah hampir 5bulan aku jalanin hubungan yang gak jelas dan gak ada status ini, aku mulai ngerasa nyambung kalo ngomong sama nih cowok. Tepatnya saat lebaran idul fitri, hari keempat lebaran aku diajakin makan siang di rumahnya. guguup??? jelaasslaah.. karena gak cuma dikenalian sama keluarga intinya dia, tapi aku juga dikenalin sama om, tante beserta sepupu-sepupunya. Aku ngerasa kayak mati kutu gitu loh dalem hati ngomong gini,

 "what should I do???"

 cuma bisa diam tanpa kata kayak orang bego' gitu, bingung mau ngomong apa. Setelah diajakin bertemu sama keluarga besarnya dia. Aku diajakin pergi dan bener-bener kayak quality time gitu sama dia. Mutar-mutar gak tau tujuan. Sepanjang jalan ngobrolin banyak hal , dan aku mulai terbuka soal problem yang ada dirumah. Aku gak nyangka aja kalo dia bakalan welcome sama problem aku, dan aku ngerasa kayak nemuin something yang aneh, karena saat itu aku masih beneran galauu dan bener-bener gak bisa moveon dari mantan. Dan saat aku cerita tentang problem aku ke dia, kayaaak apa yaa kayak seneeng aja gitu karena gak semua orang bakalan bisa memahami problem aku itu. Banyaak orang diluar sana yang hanya ngejudge  disatu pihak tanpa tau cerita yang sebenarnya. Siapa sih yang mau ada diposisi ini??  Siapa juga yang mau punya family yang gak  Utuh!!  Dan aku seneeng saat itu aku nemuin orang yang gak peduli akan masalah ku itu  😊

Lusanya dia balik lagi keluar kota kayak semacam sedih gitu karna baru mau nyaman tapi udah dipisah sama jarak.

Agustus 2018



   Dua bulan kemudian tepatnya dibulaan agustus, sehari sebelum ulang tahunku, aku dapat kiriman paket dari Lee Min Ho kw supeeerrr *wkwkwk.

 Gak nyangka loh dia ingat ulang tahun aku dan ngasih aku kado. Dan malam nya sebelum jam 12 malam aku ditelpon cukup lama. Dan dia jadi orang yang pertama yang ngucapin happy birthday ke aku 😉. Harusnya sih aku seneng karena ada orang yang bela-belain gak tidur hanya untuk ngucapin selamat ulang tahun.

 Tapi padaa saat itu bukan dia yang aku harapkan buat jadi orang yang first time ngucapin happy birthday ke aku , tapi aku berharap yang ngucapin itu adalah orang yang aku perjuangin lebih dari 5tahun. Dan faktaanya orang itu gak sama sekali ngucapin. Saat itu jugaa aku udah berniat untuk menghilangkan ego sesaat dan benar-benar ingin ngelupain orang itu dan mencoba untuk ngasih kesempatan ke dia. Tapi itu hanya ekspektasi dan wacana yang suliiit untuk dilakukan. Bodohnya aku, aku masih saja menaruh harapan sama orang yang jelas-jelas gak tau malu dan gak tau terimakasih.

   Dan di penghujung agustus dia ngasih kabar kalau dia mau balik ke palembang, entah aku  harus sedih atau senang dikala itu.  Aku hanya tidak mau memberi dia harapan karena sampai detik itu aku gak ada rasa apapun ke dia. Dengan perasaan yang masih galau aku terima ajakan dia untuk jadi partner dia ke acara nikahan temannya.




   Waktu itu dihari sabtu untuk pertama kalinya kami pergi jauh berdua, pertama kalinya nongkrong berdua, pertama kalinya nonton dan pertama kalinya satnite sama cowok yang dibilang bukan pacar tapi kayak udah pacaran. Aneeh?? Iyaa aneh banget malah, sejagat raya  menggira kalau kami sudah berstatus pacaran, padahal tidak. Selama dalam perjalanan aku selalu gugup, salah tingkah  dan selalu mengalihkan kegugupan ku dengan cara main handphone sepanjang jalan. Besoknya kami ke acara nikahan yang katanya temen akrabnya, canggung sih karna diliatin banyak orang.  (Abis dari undangan dia langsung balik ke luar kota lagi).

   Pertemuan selanjutnyaa dia bela-belain bohong ke orangtuanya ngakunya masih stay di Jakarta padahal dia balik ke Palembang. Disatu sisi aku kayak pendosa yang ngajarin anak orang berbohong.




   Oo iya dipertemuan yang kesekian kalinya, untuk pertama kalinya aku ngajak dia doubledate sama sahabat aku. dan ada satu kejadian yang memalukan, saat udah jam masuk bioskop untuk nonton bareng. eeeh tiket yang dibeli malah salah jadwal. Untuk pertama kalinya aku debat sama dia, keseel sih sebenernyaa karena kan mubasiir tikeetnya *HAHAA.

   30 september 2018, untuk pertama kalinya dia ngambek karena hal sepele. Dari kejadian itu aku mulai sedikit faham sama sifat dia, dia orangnya gampang emosian

   2 Oktober 2018, setelah 2 hari aku didiemin dan gak dikasih kabar sama sekali, akhirnya dia tiba-tiba ngchat mau minta waktu 30 menit untuk ngomongin something via telpon..
Dan aku iyain. Setelah basa basi di awal-awal percakapan selesai, pembicaraan seriuspun kami mulai, masuklah ke inti dari permasalahan. Eeeh bukan masalah sih, lebih ke mengutarakan perasaan *eeww.
 Guguuup sih karna udah lama gak ngerasain momen kayak gini *haha

  Yang tadinya cuma minta waktu 30menit doang ternyata lebih dari 30menit. Ooo iya satu lagi kebiasaan dia yang selalu ngeselin. Dia selalu maksain minta video call yang katanya cuma 5 menit, daaan ternyataaa 5 menitnya dia bisa sampe 2 jam.

    Jujuur aku kagum dengan kegigihan dia yang bisa bertahan selama itu dengan sikap ku yang cuek, egois dan gengsian. Ditelpon, dia bilang kalo dia gak cuma mau cari orang yang hanya sekedar untuk dijadikan pacar doang. Katanya sih dia mau ketahap yang lebih serius. Tapi sayangnya pada saat itu aku belum bisa menjawab “iya” atau “tidak”. Karna aku mikir kalo aku jawab “iya”  sama aja aku nyakitin dia. Karna aku masih belum ada rasa apapun ke dia dan aku masih belum bisa untuk membuka hati lagi. Dan aku jawab aku bakalan ngasih jawaban 2 bulan lagi yakni dipenghujung tahun. Karna aku gak mau lagi menyakiti hati orang yang udah baik ke aku. Diapun mengiyakan untuk menunggu jawaban itu selama 2 bulan.

Momen tak Terlupakan di 2018



    Di bulan November, dia ngajak ke nikahan temennya di Palembang dan Pangkal Pinang. Aku tuh sebenarnya berat untuk nerima tawaran darinya untuk pergi ke Pangkal Pinang, karena aku gak mau jadi bahan omongan orang ditambah takutnya nanti gak dibolehin orang tua buat pergi.

   Tapi aku saluut aja sama dia yang bisa ngeluluhin hati orangtua aku, karna selama ini aku selalu gak dibolehin pergi jauh apa lagi keluar kota sama cowok. Dia juga bela-belain jemput aku dirumah dan ngomong langsung ke orangtua aku. Untuk kesekian kalinya kami melalui satnite berdua, dengan keadaan cuaca yang hujan dikala itu. Saat udah gak tau mau kemana lagi, akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke pusat perbelanjaan nemenin aku cari masker. Setelah selesai cari masker kami keluar dari pusat perbelanjaan, dan ternyataa lagi hujaan.

   Dibawah hujan aku berdiri dan entah inisiatif dari mana, tiba-tiba dia memayungi aku berjalan menuju mobil. Seketika aku terdiam terpesona akan perhatiannya yang menurutku sungguh luar biasa. dia juga bilang kalo aku perempuan pertama yang dia payungin *wkwkww

   Dan esoknya saat sebelum berangkat ke Pangkal Pinang, kami dicegat oleh petugas Bandara. Kami diperlakukan macam imigran gelap yang mau menyelundupkan kokain *HAHA. Berulang kali kami diperiksa oleh petugas bandara.

   Sesampainya di Pangkal Pinang inilah aku mulai ngerasa nyaman mulai nyambung kalo ngomong sama dia. Aku selalu merhatiin setiap gelagatnya dia. Kayak udah lama gak ngerasain perasaan yang beda ke orang lain. Aku sudah mulai nyaman saat didekatnya walau masih terasa canggung, tapi setidaknya dia sudah tidak terasa asing bagiku.

   Aku kaget saat ngeliat dia tiba-tiba ngebawain sepatu dan tas aku waktu di pantai, gak nyangka aja bisa dapat perlakuan spesial dari dia. Siang harinya sekitar jam 13.00 kami sudah standby di Bandara buat balik lagi ke Palembang. Kebayang gak sih di Pangkal Pinang cuma 5 jam doang, kayak gak percaya aja bisa pergi keluar kota berdua sama dia.



   Sesampainya di Bandara Palembang, aku gak dibolehin pulang sama dia. Aku disuruh nemenin dia nunggu di bandara karena jam 7 malam dia mau pulang lagi keluar kota buat kerja. Walaupun singkat, tapi aku ngerasa udah ada feeling sama dia dan aku ngerasa yakin kalo “He’s my last choice”....


   Tapi yaaa aku gak mau gegabah ngambil sebuah keputusan. Mungkin aku hanya terbawa perasaan sesaat, karena mungkin itu adalah waktu terlama kami bersama. Sampai akhirnya kami berpisah di Bandara. Dan aku ngerasa mulai kehilangan lagi :)

   Dipenghujung Desember, dengan segala pertimbangan aku memutuskan  dan memberanikan menjawab pertanyaan “30menit” darinya. Tidak ada salahnya punya prinsip jalanin saja, toh Tuhan selalu punya rencana. Waktu 10 bulan sudah cukup untuk mengenalmu,  membuatku kagum, dan membuatku nyaman sama kamu. Walaau aku tauu, kalau kamu pernah dekat sama wanita lain ☺️.

   But its ok, selama kita belum ada ikatan yang serius selain hanya status berpacaran... kamu masih bebas dan berhak memilih kok. Tapi sebenarnya suliit bagiku untuk menerima keadaan ini. Awalnya reaksiku maraaah dan Memaki.. Mungkin karena aku mengira rasa sayangku yang terlalu tinggi . Aku marah dan memaki karena egoku yang tidak terima melihat kamu dekat dengan yang lain :). Terkadang yang dikejar malah makin menghindar. Yang diabaikan malah selalu ada. Sudah saatnya untuk lebih bisa menerima satu sama lain apa adanya.



  Terhitung 1 Januari 2019, kamu adalah bahagiaku. 




   Aku tidak menampik bahwa rasa bisa berubah-ubah kapan saja dan dimana saja seperti air yang mengalir. Percayalah bahwa rasa butuh waktu untuk diciptakan. Berawal dari sebuah rasa keterpaksaan lalu merubah menjadi rasa cinta.

   Terimakasih karena sudah mau bertahan sejauh ini dan memilih aku dengan ketidaksempurnaanku. Semoga aku bukanlah korban dari ketertarikan mu sesaat. Dan tolong jangan jadikan aku satu pilihan dari banyaknya pilihan ganda, yang asal-asal kau pilih. Jadikanlah aku  penjabaran dari soal esaimu yang kau pikirkan dengan penuh keyakinan, kematangan dan pertimbanganmu yang pada akhirnya akulah jawaban finalmu  😌

   

0 Komentar